Liputan 1st NCOLS (National Conference On Law Studies)


National Conference On Law Studies (NCOLS) adalah konferensi nasional yang melibatkan Mahasiswa dan Dosen. Mahasiswa Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta sebagai panitia dalam acara NCOLS yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di tahun ini. Konferensi Nasional ini mengangkat Tema “Law and Humanity in Digital Era“.  Tema ini dipilih sebagai kajian utama yang akan disajikan oleh para Narasumber.

Dalam rangka mengkaji lebih substansial mengenai urgensinya hukum untuk mengatasi problematika kemanusiaan pada era digital, prinsipnya banyak pihak yang berwenang untuk memformulasikan suatu kajian akademik menjadi sebuah rekomendasi untuk menciptakan kebijakan bagi pemerintah. Diskusi khusus dalam seminar ini akan lebih jauh di paparkan oleh para pembicara utama (narasumber) tentang pertanyaan-pertanyaan mendasar, seperti:

  1. Bagaimana sikap pemerintah dalam mengatasi perkembangan teknologi yang pesat dan cepat ?
  2. Regulasi apa yang perlu direkomendasikan untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan yang lambat laun terdisrupsi oleh perkembangan teknologi?
  3. Tindakan kongkrit apasaja yang perlu di realisasikan bagi para akademisi di Perguruan Tinggi agar perkembangan teknologi di era digital dapat menjadi “kawan” bagi kemajuan di bidang akademik?

Rangkaian acara konferensi nasional yang diawali oleh Seminar Nasional yang diisi oleh beberapa narasumber yaitu

Dr. Ir. Slamet Soedarsono, MPP, QIA, CRNP, CGAP sebagai Keynote Speaker, Dr. Edmon Makarim, S.Kom, S.H., M.H. (Dekan FH UI), Dr. Wicipto Setiadi, S.H., M.H., (Dosen FH UPNVJ), Audi Murfi MZ, S.H., M.H. (Sekretaris BPHN).

Peserta seminar yang diikuti oleh mahasiswa dan Dosen FH UPN Veteran Jakarta, Mahasiswa dan Dosen Se-Jabodetabek, serta beberapa mahasiswa dan dosen dari luar Ibu Kota.

Setelah acara seminar, dilanjutkan dengan presentasi hasil Call for Paper yang dibagi sesuai dengan bidang keilmuan yaitu Hukum Pidana, Perdata, Bisnis, HTN/HAN, Hukum Internasional dan Sosial Humaniora. Paper/Artikel yang telah disubmit akan publish ke dalam bentuk Jurnal, Prosiding dan Book Chapter.

1

2

3

5