Seminar Nasional Dies Natalis ke-17

MEMPERINGATI DIES NATALIS KE 17 TAHUN, FAKULTAS HUKUM UPN VETERAN JAKARTA SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL MENGENAI PERAN GENERASI MUDA DALAM MENANGKAL IDEOLOGI KOMUNIS DALAM NEGARA HUKUM

Pada tanggal 26 April 2017, Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan seminar nasional dalam rangka memperingati diesnatalis ke 17 tahun. Seminar Nasional yang diselenggarakan kali ini, benar-benar menggambarkan mengenai identitas bela negara yang tertanam di lingkungan UPN Veteran Jakarta, yaitu mengusung tema Fungsi Hukum dalam Bidang Pertahanan Kemanan dan sebagai Alat Bela Negara. Dengan tema tersebut, menunjukkan bahwa hukum dapat menyebar ke berbagai elemen, termasuk ke dalam bidang pertahanan dan keamanan negara. Bertitik tolak dari tema tersebut, maka ditarik suatu sub tema yaitu Peran Generasi Muda UPN Veteran Jakarta dalam Rangka Menangkal Ideologi Komunis dalam Negara Hukum berdasarkan Pancasila. Hal tersebut tentu saja bermula dari pemikiran bahwa semenjak para founding fathers telah menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia (the way of life) maka semua pandangan mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara harus mengacu kepada nilai-nilai Pancasila.

Pancasila diyakini sebagai pilihan terbaik bagi bangsa ini setelah mempertimbangkan berbagai ideologi besar yang berkembang ketika itu dengan tetap mengacu kepada pandangan hidup bangsa Indonesia. Bung Karno sebagai penggali Pancasila dengan tegas menyatakan bahwa Pancasila selama lebih dari 300 tahun terkungkung dalam belenggu penjajah. Oleh karena itu, dengan rendah hati sang Proklamator menyatakan bahwa “saya hanya seorang penggali Pancasila”, hal itu berarti bahwa Pancasila sesungguhnya telah ada di bumi Indonesia. Dengan ditetapkannya Pancasila sebagai ideologi bangsa, telah menjadikan pancasila sebagai cara pandang bangsa Indonesia dalam menyelesaikan berbagai masalah ketatanegaraan dan guna menghadapi berbagai gempuran ideologi lain yang tidak selaras dengan pandangan hidup bangsa. Namun hingga pada saat ini, sering kita temui beberapa pemberontakan dengan tujuan menentang Pancasila, yaitu dengan munculnya isu-isu bangkitnya ideologi komunis. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran, terutama kekhawatiran terhadap keutuhan berbangsa dan bernegara Indonesia.

Gubernur Lemhannas

Oleh sebab itu, pada kesempatan Seminar Nasional ini, Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta menghadirkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhannas) yaitu Bapak Letjen TNI (purn) Agus Widjojo yang akan membahaas secara khusus mengenai Aktualisasi Ideologi Pancasila sebagai Penangkal Bangkitnya Ideologi Komunis. Selain itu juga menghadirkan Kapusdiklat Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kolonel Inf. Sammy Ferrijana, S.Sos, Msi.

undangan

para tamu dan undangan

Dalam seminar tersebut dihadiri oleh Civitas Akademika UPN Veteran Jakarta, mahasiswa dan tamu undangan yang berasal dari Fakultas Hukum se Indonesia dan Sekolah Tinggi Hukum Militer.